logorsu

SISTEM MONITORING DAN DETEKSI DINI KEGAGALAN SUMBER LISTRIK DAN SUMBER AIR UNTUK MENJAGA KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT


DESKRIPSI
Perkembangan teknologi telah membawa banyak perubahan dalam dunia kesehatan meliputi diagnose pasien, pengobatan pasien, dan terapi pasien bergantung pada penggunaan peralatan medis. Sumber listrik yang stabil dan kontinyu wajib tersedia di rumah sakit khususnya pada Ruang Instalasi Bedah Sentral (IBS), Neonatal/Pediatric/High Intensive Care Unit (ICU,NICU,PICU,HCU) untuk menjamin dan menjaga keselamatan pasien. Begitu pentingnya sumber listrik dan sumber air sebagai bagian dari pelayanan pasien di rumah sakit maka diperlukan sistem yang bisa mengetahui kondisi terkini sumber listrik dan sumber air dan sistem yang bisa mendeteksi lebih awal kegagalan sumber listrik dan sumber air.
Berdasarkan permasalahan tersebut di atas, maka perlu dilakukan suatu terobosan baru yang secara cepat dan tepat untuk memantau kondisi terkini dan mendeteksi lebih awal sumber listrik dan sumber air di rumah sakit.
Dengan adanya terobosan baru berupa inovasi perancangan dan pembuatan sistem monitoring dan deteksi dini kegagalan sumber listrik dan sumber air diharapkan dapat mewujudkan tersedianya sumber listrik dan sumber air di rumah sakit secara kontinyu untuk menjaga keselamatan pasien.
Tentunya tidak mudah dalam mewujudkan inovasi tersebut di atas karena dibutuhkan anggaran, sarana prasarana pendukung dan sumber daya manusia yang kompeten di bidang perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) serta Teknologi Informasi sehingga diperlukan dukungan dan komitmen semua pihak.
Perubahan yang terjadi setelah adanya sistem monitoring ini diharapkan pola pikir (Mindset) para karyawan berubah menjadi lebih baik dari menunggu insiden menjadi tanggap pada kondisi rumah sakit, pimpinan dapat langsung melakukan pengawasan pada karyawan dalam melaksanakan tugas penyediaan sumber listrik dan sumber air, dan perbaikan tata laksana pengorganisasian sistem pemeliharaan sarana prasarana rumah sakit.
gb24

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook