Telp. 0291-685018 Fax. 0291-681609 Jl. Sultan Fatah 669 / 50 Demak Jawa Tengah

PROFIL PPID

Home > PROFIL PPID

Tahun 2008 pemerintah menetapkan Undang-undang No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). Undang-undang ini disahkan untuk mewadahi hak masyarakat dalam memperoleh informasi. Dengan harapan dapat mewujudkan pemerintahan yang transparan, efektif, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk menunjang pelaksanaan Undang-undang tersebut pemerintah membuat kebijakan pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di seluruh instansi pemerintahan. Tak terkecuali di RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak.

Pembentukan PPID di RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak diharapkan mampu untuk selalu menjadi jembatan bagi masyarakat akan hak memperoleh informasi publik serta mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan Badan Publik dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik.

URAIAN TUGAS PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID)

RSUD SUNAN KALIJAGA KABUPATEN DEMAK

  1. ATASAN PPID :
  2. Memutuskan dan mengevaluasi kebijakan pelayanan informasi Publik dilingkungan RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak;
  3. Menyelesaikan masalah yang muncul terkait manajemen pengelolaan dan pelayanan informasi publik RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak;
  4. Mengevaluasi kinerja struktur dan para penanggung jawab pelayanan Informasi Publik RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak;
  5. Memastikan manajemen pengelolaan dan pelayanan Informasi Publik dilingkungan RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak telah sesuai dengan peraturan perundangan.
  6. KETUA PPID :

Tugas Ketua Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak adalah merencanakan, mengorganisasikan, melaksananakan, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan pelayanan informasi dilingkungan RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak.

III. SEKRETARIS :

Tugas Sekretaris yaitu merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasikan, mengkonsolidasikan dan mengendalikan pengumpulan informasi, pendokumentasikan informasi, dan pelayanan informasi dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak.

  1. BIDANG PELAYANAN DAN DOKUMENTASI INFORMASI:

Tugas Bidang Pelayanan dan Dokumentasi Informasi yaitu menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan/atau memberikan pelayanan informasi kepada publik.

  1. BIDANG PENGOLAHAN DATA DAN KLASIFIKASI INFORMASI :

Tugas Bidang Pengolahan data dan Klasifikasi Informasi yaitu mengolah dan memberikan pelayanan konsultasi klasifikasi informasi dan dokumentasi.

  1. BIDANG PENYELESAIAN SENGKETA INFORMASI

Tugas Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi yaitu melaksanakan advokasi penyelesaian sengketa informasi publik.

 

MEKANISME PELAYANAN

Untuk memenuhi dan melayani permintaan dan kebutuhan pemohon/pengguna informasi publik, PPID RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak melalui desk layanan informasi publik, memberikan layanan langsung dan layanan melalui media cetak dan elektronik (website) :

Layanan informasi secara langsung, yaitu layanan informasi publik yang dikategorikan wajib tersedia setiap saat, dengan mekanisme pelayanan sebagai berikut:

  1. Pemohon informasi datang ke desk layanan informasi mengisi formulir permohonan informasi.
  2. Melampirkan foto copy KTP pemohon dan pengguna informasi, bagi lembaga publik/ormas dilengkapi  foto  copi  akta  pendirian, surat keterangan terdaftar di Bakesbangpol Provinsi Jawa Tengah/setempat, surat keterangan domisili lembaga publik/ormas.
  3. Maksud dan tujuan permintaan informasi harus jelas penggunaannya.
  4. Petugas memberikan tanda bukti penerimaan permintaan informasi publik kepada pemohon informasi publik.
  5. Petugas memproses permintaan pemohon informasi publik sesuai dengan formulir permintaan informasi publik yang telah ditandatangani oleh pemohon informasi publik.
  6. Petugas menyerahkan  informasi  sesuai  dengan  yang  diminta  oleh pemohon/pengguna informasi. Jika informasi yang diminta masuk dalam kategori dikecualikan, PPID menyampaikan alasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.
  7. Petugas memberikan Tanda Bukti Penyerahan Informasi Publik kepada pengguna informasi publik
  8. Membukukan dan mencatat.

Layanan informasi melalui media baik online maupun cetak, yaitu informasi publik yang tersedia dan diumumkan secara berkala dilayani melalui website RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak dan media cetak yang tersedia.

WAKTU PELAYANAN

Dalam memberikan layanan informasi kepada pemohon informasi, PPID RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak menetapkan waktu pemberian Pelayanan Informasi Publik yang dilaksanakan setiap hari kerja, Senin s/d Kamis pukul 07:00 s/d 15:30 WIB dan Jum’at pukul 07:00 s/d 14:30 WIB.

Para pemohon informasi publik dapat melakukan permohonan informasi baik secara langsung ke Ruang PPID RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak maupun tidak langsung melalui email ke alamat kontak@rs.sunankalijaga@gmail.com atau dengan cara mengisi formulir Permohonan Informasi yang ada di menu “Kontak” pada website RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak (www.rsudsuka.demakkab.go.id).