• 09/07/2019
  • rsudsuka
  • 0

Hallo Dokter – Radio Suara Kota Wali

Fatal Infeksi Gigi Terhadap Organ Tubuh Lain

Publish by. Pemasaran

Hallo dokter edisi selasa 09 Juli 2019. Narasumber : drg.Silvia Leony, Sp.KG.

Seperti yang sudah kita ketahui, tentunya kebersihan gigi dan mulut adalah sesuatu yang mutlak untuk kita lalukan karena gigi da mulut merupakan komponen atau piranti yang memiliki peranan dan fungsi penting dalam tubuh kita. Sebab itu harus dijaga misal dengan tipe prosedur konservasi gigi. Hal ini tentu saja, karena mulut dan gigi merupakan piranti pertama dalam tubuh  kita yang memegang peran mengolah makanan yang kita masukkan kedalam mulut kita. Bayangkan saja apabila terdapat masalah pada gigi ini, misalnya pengeroposan tulang rahang akibat perawatan gigi dan mulut yang salah, pastinya sistem pencernaan kita juga akan mengalami gangguan karena memang seyogianya mulut dan gigi tersebut sedang mengalami masalah. Hal ini juga tentunya berpenagruh terhadap performa tubh kita secara keseluruhan karena pastinya performa tubuh kita dapat terjaga oleh karena adanya asupan yang masuk kedalam tubuh kita sehingga harus dilakukan tindakan misalnya gum contouring. Dengan kata lain, apabila terdapat masalah pada gigi dan mulut kita, sebut saja seperti infeksi, maka bukan hanya gigi dan mulut saja yang kena dampaknya, namun secara umum organ –  organ lain di dalam tubuh kita juga merasakanannya. Oleh karena pentingnya kesehatan gigi dan mulut tersebut, maka kita sebagai pemilikinya sudah sewajarnya untuk merawatnya. Jangan sampai gigi kita terkena infeksi yang nantinya bisa berdampak buruk beberapa organ dalam tubuh kita.

1. Infeksi Pembuluh Darah

Dampak yang pertama adalah bisa menyebabkan infeksi pada pembuluh darah. Bakteri yang berkembang di dalam mulut yang sifatnya menggerogoti kesehatan gigi anda, akan menyebar ke seluruh pembuluh darah organ tubuh anda dan bisa mnegakibatkan sistem kekebalan tubuh menurun, yang diakibatkan oleh bakteri atau racun dan pasukan oksigen darah ke jaringan organ lainnya akan tersumbat, oleh karena hal tersebutlah infeksi yang terjadi pada gigi ini bisa berdampak buruk yakni infeksi pembuluh darah yang mengalaminya.

2. Peradangan Pada Rongga Sinus

Dampak yang kedua adalah menyebabakan terjadinya peradangan pada sinus. Adapun sinus merupakan sebuah rongga kecil yang berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan membuka lubang hdung. Lendir yang dihasilkan oleh sinus tersebut berfungsi untuk mengendalikan suhu dan kelembapan udara yang masuk kedalam paru – paru.

3. Gangguan Pada Mata

Dampak yang ketiga adalah menyebabakan terjadinya gangguan pada mata. Apabila terjadi infeksi pada gigi anda, itu artinya ada bakteri yang sedang menggerogoti atau berkembang dalam mulut dan gigi anda.
maka bakteri dalam gigi tersebut nantinya akan menjalar ke sistem syaraf mata. Jika hal ini terjadi, maka akan mengakibatkan saraf mata akan berkurang kualitasnya yang nantinya akan berdampak pada penglihatan yang berkurang pula.

4. Berdampak Pada Paru – Paru

Dampak yang keempat adalah berdampak pada kesehata paru – paru anda. Bakteri yang ada dalam mulut anda yang seyoginaya penyebab dari infeksi gigi tersebut akan mengakibtkan bakteri tersebut ikut terhisap kedalam sisitem pernapasan anda sobat, yakni pada paru – paru .

Jika terjadi hal seperti ini maka dampak yang timbulkan adalah akan terjadi gangguan pada paru – paru anda serta penuruan fungsi dari paru – paru tersebut sehingga tidak bisa bekerja secara normal. Memang awalnya tidak begitu terasa, tapi apabila lama kelamaan tidak ada penangan yang serius secara medis, akan busa berdampak fatal nantinya terhadap kesehatan anda.

5. Nyeri

Dampak yang kelima adalah menyebabkan terjadinya nyeri. Karena seperti yang sudah kita lihat bersama, seseorang yang mengalami infeksi gigi pada umumnya akan mengakibatkan nyeri pada bagian mulut, bahkan sampai ke bagian kepala yang mengalaminya. Hal ini terjadi karena bakteri yang berasal dai infeksi gigi tersebut akan menyebar ke bagian rongga sinus, telinga serta otot wajah sehingga akna berdampak pada rasa nyeri yang liuar biasa yang biasanya disertai dengan sakit kepala yang berat sehingga dengan keadaan seperti ini, aktivitas seseorang yang mengalaminya tersebut pada umumnya akan terganggu.

6. Demam

Dampak yang keenam adalah menyebabkan terjadinya demam tinggi. Jika kita melihat seseorang yang sedang sakit gigi, tidak jarang kita melihatnya menggunakan koyo di bagian kepala atau mengikat kepalanya denga sehelai kain. Hal ini terjadi karena bakteri yang berasal dari gigi infeksi tersebut menyerang sistem imun sehingga daya tahan tubuh seseorang akan menurun. Hal seperti ini biasanya ditandai dengan timbulanya demam bagi si penderitanya karena memang bakteri terebut sudah menjalar ke berbagai saraf pada tubuh anda.

7. Menurunkan Kemampuan Otak

Dampak yang ketujuh adalah menyebabkan turunnya kemampuan otak. Seiring terjadinya penimbunan bakteri yang bersumber dari gigi infeksi tersebut, yang seyogianya berada dalam gigi dan mulut anda maka nantinya akan menjalar ke sistem pembuluh darah anda. Jika hal ini terjadi maka, tentunya akan menyebar ke dalam otak sehingga merusak sel – sel yang ada dalam otak tersebut yang nantinya berdampak pada penurunan kemampuan otak tentunya. Setelah membaca ulasan diatas, sekarang anda sudah tau apa dampak infeksi gigi terhadap organ tubuh yang lainnya. Oleh karena itu jagalah kebersihan gigi anda.